Monday, August 12, 2013

Permainan SimpeL dan Seru dengan Jari

Mungkin anak-anak sekarang lebih sering menggunakan jari tangan untuk mengetik papan keyboard ataupun tombol handphone. Sebenarnya, jika kita kilas balik ke jaman dulu ketika kita SD, banyak sekali permainan yang menarik dan seru untuk dimainkan menggunakan jari-jari tangan sebagai media permainannya. Biasanya sih, mainnya untuk mengisi waktu kosong seperti ketika shalat Jum'at ataupun Tarawih (Dasar bocah ). Nah, berikut beberapa permainan seru dengan media jari tangan :


1. Garuda 5 Jari (Gagarudaan)


Nah mulai dari yang umum dulu, Gagarudaan atau Garuda 5 Jari.

Ada yang tahu permainan tradisional ini? Ini asli permainan orang sunda, lho,,, Itu tuh yang cara mainnya setiap peserta harus nyumbang berapa pun dari jari yang Ia miliki. Mau 1, 2, 3 atau 40 kalo punya ya silahkan.

Terus itu jari yang ada diitung secara berurut dengan abjad A-Z. Huruf terakhir pada suatu jari merupakan huruf awal dari kata yang harus kita cari sesuai dengan kategori. Misalkan huruf kategori nama buah dan huruf nya adalah A bisa dijawab dengan Apel, Anggur dan sebagainya. Masing-masing jawaban gak boleh sama. Peserta yang telat akan diberikan hukuman. hukumannya bebas mau dipukul ke (dengan benda tumpul, ya), atau apalah yang sifatnya mengencerkan otak. 

Yang harus kita tekankan pada permainan ini adalah kecepatan dan ketepatan. Tak jarang ada yang menyebutkan satu kata namun tak sesuai dengan kategorinya. Dan kecepatan adalah keharusan untuk mendapatkan jawaban yang mudah. Kalian tahulah kalau jawaban yang mudah itu persaingannya ketat dan emang mesti cepat.

SUMBER

2. Tak Tik Bum Jer

Sama seperti garuda 5 jari, permainan ini cara mainnya setiap peserta harus nyumbang berapa pun dari jari yang Ia miliki. Namun bedanya, para pemain sudah menentukan masing-masing spesialisasi hukuman yang akan diberikan :

- Tak : Dijitak
- Tik : Dikilikitik (Digelitiki)
- Bum : Tangan berada di lantai, dan akan di pukul menggunakan bogem si pemilik spesialisasi ini
- Jer : Dijewer

Setelah menentukan spesialisasi, pemain akan menyumbangkan jarinya untuk dihitung ... ' Tak-Tik-Bum-Jer-Tak-Tik-Bum-Jer-' dan seterusnya hingga hitungan jari sudah habis. Nah, ketika sudah hitungan habis, maka siapa yang beruntung spesialisasinya muncul, maka akan memberikan hukuman pada setiap pemain..

lumayan brutal juga 

3. Me Ji Ku Hi Bi Ni U

Sama seperti yang diatas (Tak Tik Bum Jer), untuk permainan ini, peserta harus memilih satu dari warna-warna pelangi yaitu :

Me - Merah
Ji - Jingga
Ku - Kuning
Hi - Hijau
Bi - Biru
Ni - Nila
U - Ungu

Setiap peserta akan menyumbangkan jarinya, dan akan dilakukan penghitungan. Siapa yang beruntung, maka dialah pemberi hukuman kepada peserta lainnya. Hukuman bisa disepakati terlebih dahulu sebelum bermain. Bisa juga hukuman diperoleh menggunakan Tak Tik Bum Jer.

4. Ayam-ayaman

Nah, ini termasuk yang populer juga . Hanya bisa Dimainkan oleh 2 orang. Cara mainnya adalah pemain diharuskan siap dengan posisi jari saling berpegangan antara peserta satu dan peserta lain serta menyisakan ibu jari menjulang ke atas (susah dijelasinnya gan  tanya sama yang udah ahli). lalu bersedia-siap-mulai,,,

kedua pemain yang bertarung, akan mengadu teknik dan skill mereka untuk saling menindih ibu jari lawan masing-masing. Siapa yang tertindih, merupakan pihak yang kalah dan dikenakan hukuman (Biasanya sih di gaplok tangannya).

5. Suit/Suten

Ini mah udah familiar banget. Tapi, suit ini bukan suit jepang (batu-gunting-kertas), ini suit asli indonesia Cara mainnya hampir sama seperti suit jepang, cuma yang membedakannya adalah elemen dalam suit tersebut. Suit ini menggunakan 3 jari yaitu kelingking (elemen semut), telunjuk (manusia) dan ibu jari (gajah).

Permainan terdiri dari 3 babak dimana 1 babak akan didapatkan 1 pemenang. Tiap babak yang dimenangkan oleh salah satu pemain mempunyai nilai 1.

Masing-masing pemain hanya boleh menggunakan 1 dari 3 jari yang boleh digunakan yaitu, Jempol, Telunjuk dan Kelingking.

Rules :
Jempol lawan Telunjuk : Jempol Menang.
Jempol lawan Kelingking : Jempol Kalah.
Telunjuk lawan Kelingking : Telunjuk Menang.
Telunjuk lawan Jempol : Telunjuk Kalah.
Kelingking lawan Jempol : Kelingking Menang.
Kelingking lawan Telunjuk : Kelingking Kalah.

Kalo di tempat ane sih, biasannya sebelum main bola harus suit dulu, untuk menentukan pemain dari masing-masing tim. 

SUMBER

6. Hompimpa

Hompimpa atau hompimpah adalah sebuah cara untuk menentukan siapa yang menang dan kalah dengan menggunakan telapak tangan yang dilakukan oleh minimal tiga peserta. Secara bersama-sama, peserta mengucapkan kata hom-pim-pa. Ketika mengucapkan suku kata terakhir (pa), masing-masing peserta memperlihatkan salah satu telapak tangan dengan bagian dalam telapak tangan menghadap ke bawah atau ke atas. Dalam budaya Betawi, hompimpa dilakukan dengan lagu berlirik "Hompimpa alaium gambreng. Mpok Ipah pakai baju rombeng."Pemenang adalah peserta yang memperlihatkan telapak tangan yang berbeda dari para peserta lainnya. Ketika peserta lainnya sudah menang, peserta yang kalah ditentukan oleh dua peserta yang tersisa dengan melakukan suit.

Biasanya hompimpa digunakan oleh anak-anak untuk menentukan giliran dalam sebuah permainan. Sewaktu bermain petak umpet misalnya, anak yang kalah hompimpa mendapat giliran sebagai penjaga pos.

SUMBER